Memasang Lis Profil Gipsum

Batas lekukan antara dinding dan plafon biasanya tak enak dilihat. Untuk menutupinnya, biasanya diberi lis. Bentuk atau profil lis yang beragam dapat anda pilih, batas lekukan tersebut pun makin indah dan rapih dengan tempelan lis profil gipsum.

Apakah sulit memasang lis profil gipsum? Mudah, dan tidak perlu paku memaku. Prosesnya mirip dengan menempelkan kertas ke kertas lainnya. Cukup pakai “lem”, tempel dan tekan hingga menempel erat, Beres.

Sebelum langka pengerjaan profil gipsum ini, ada beberapa yang harus anda ketahui, sbb:

Sebaiknya jangan menggunakan paku lis profil gipsum untuk menghindari kerusakan atau lis pecah. Gunakan paku hanya sebagai penahan, sementara agar lis tidak jatuh sesaat setelah pemasangan. Pada kasus tertentu, anda boleh saja merekatkan lis dengan cara menyekrup gipsum dalam ke plafon. Campurkan perekat dengan air, perbandingan 2:1, biarkan perekat terendam 1-2 menit. Setelah itu aduk hingga berbentuk pasta. Hindari mengaduk aduk pasta dalam waktu lama, ini membuat pasta cepat kering dan keras. Cara memasang lis profil gipsum juga berlaku untuk pemasangan lis profil polypropalene, material ini tidak bisa dipaku karena akan pecah dan rusak.

Untuk tahapan pengerjaannya dapat dilakukan sbb:

Periksa kelurusan sudut permukaan dinding dan plafon. Jika ada gompal atau lekukan, perbaiki. Buat permukaannya rata, setelah itu, bersihkan permukaan dari kotoran debu, cat, atau pertikel lain yang dapat mengurangi daya lekat adukan pengikat. Bersihkan menggunakan kuas atau lap kering. Tentukan evalasi profil yang akan dipasang. Berilah tanda ketinggiannya dengan pensil dan penggaris, pastikan tingginya sesuai dengan tinggi lis profil. Potong lis untuk dinding yang menyudut dengan potongan menyudut 45, sehingga permukaannya nanti akan tegak lurus. Oleskan kompon / lem perekat pada bagian belakan lis profil dan dinding. Pastikan lem merata dan memanjang dengan ketebalan 10mm. Tempel lis profil ke sudut pertemuan plafon dan dinding, sesuaikan dengan tanda garis pensil didinding tadi. Tekan perlahan dengan kedua tangan hingga lis melekat, bila diperlukan pasang paku pendukung sebagai penahan sementara. Cek kelurusan lis profil yang terpasang, jika miring dan tidak rata lepas lis dan pasang ulang. Cabut paku pendukung dan rapikan sisa kompon yang keluar dari tepi profil akibat tertekan sewaktu pemasangan. Gunakan spons basah, dan lakukan perlahan lahan hingga sisa perekat hilang. Lakukan pengacatan jika lis profil sudah terpasang rapi. Pengecatan dapat menggunakan kuas atau rol agar rapi.

Jasa Arsitektur dan Free Konsultasi, Desain Eksterior dan Interior, Desain rumah klasik, Rumah Klasik modern, Rumah Minimalis